SQL Server Tips, Teknik, dan Artikel

Cara Memperbaiki Kode Kesalahan Nvidia GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s Error

Sqlshare.com, Cara Memperbaiki Kode Kesalahan Nvidia GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s Error – Nvidia adalah kartu grafis paling populer di pasaran dan setiap komputer yang memiliki kartu Nvidia juga memiliki Nvidia GeForce Experience yang terinstal di dalamnya. Namun, seperti perangkat lunak lainnya, GeForce Experience juga mengembangkan kesalahan tertentu, yang dapat melumpuhkan kinerjanya, ada yang tidak beres . Salah satu kesalahan yang mengganggu banyak pengguna Nvidia adalah kode kesalahan GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s. Ada beberapa solusi untuk kesalahan ini dan dalam panduan ini kita akan membahas masing-masing dan mempelajari cara memperbaiki kode kesalahan Nvidia GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s di komputer Windows.

Cara Memperbaiki Kode Kesalahan Nvidia GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s
Cara Memperbaiki Kode Kesalahan Nvidia GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s

Apa Penyebab Nvidia GeForce Experience Kode Kesalahan 0x0003 / 0x0003s?

Kode kesalahan 0x0003 / 0x0003s di GeForce Experience muncul ketika Anda mencoba mengakses aplikasi, tetapi tiba-tiba macet. Mungkin ada beberapa alasan di balik kesalahan ini, tetapi sebagian besar terkait dengan perangkat lunak dan jarang ada hubungannya dengan perangkat keras Nvidia Anda. Beberapa penyebab utama di balik kesalahan ini disebutkan di bawah ini.

  • Driver Nvidia yang Salah : Terkadang driver dan perangkat lunak Nvidia Anda menjadi usang atau rusak dan perlu diperbarui dengan versi terbarunya. Tidak melakukannya dapat menyebabkan kesalahan Nvidia GeForce Experience ini di komputer Anda.
  • Menjalankan Layanan Nvidia dengan Tidak Benar : GeForce Experience membutuhkan fungsi yang tepat dari banyak layanan Nvidia untuk memberikan kinerja yang lancar. Jika salah satu layanan Nvidia tidak berjalan atau tidak berjalan dengan hak istimewa yang mereka perlukan untuk berfungsi dengan baik, maka aplikasi GeForce Experience Anda tidak akan dapat beroperasi secara normal dan Anda akan mengalami kesalahan, seperti kode kesalahan 0x0003 / 0x0003s.
  • Adaptor Jaringan Tidak Berfungsi : Jika Adaptor Jaringan tidak berfungsi dengan baik, maka banyak pengguna yang mengalami kesalahan Nvidia 0x0003 / 0x0003s di komputer mereka.
  • Masalah Pembaruan Windows : Menjaga Windows Anda tetap up-to-date penting agar berfungsi dengan baik. Ada banyak perangkat lunak dan driver yang kinerja efisiennya bergantung pada file sistem Windows Anda. Oleh karena itu, Windows yang ketinggalan zaman juga bisa menjadi alasan di balik kesalahan Nvidia ini.

Karena aplikasi GeForce Experience telah disediakan oleh Nvidia untuk meningkatkan kinerja kartu grafisnya ketika aplikasi ini mulai tidak berfungsi, maka efeknya terlihat pada kinerja game komputer Anda. Seperti yang Anda lihat, ada beberapa alasan untuk kesalahan Nvidia GeForce ini, tetapi mereka dapat diselesaikan jika Anda mengikuti solusi yang tepat. Beberapa solusi yang sangat efektif untuk kesalahan ini dibagikan di bawah ini.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kode Kesalahan Nvidia GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s?

Seperti yang telah Anda baca di bagian sebelumnya bahwa ada beberapa penyebab kesalahan Nvidia GeForce Experience ini, yang berarti ada beberapa solusi juga. Di bagian ini, kami akan menjelaskan masing-masing solusi ini sehingga Anda dapat menentukan mana yang cocok untuk Anda. Telusuri solusi yang diberikan di bawah ini dalam urutan yang telah disebutkan dan jalankan langkah-langkahnya dengan hati-hati.

Solusi 1: Hentikan Tugas NVIDIA

Solusi paling sederhana dan tercepat untuk masalah ini adalah menghentikan dan kemudian meluncurkan kembali proses Nvidia yang berjalan di komputer Anda. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini.

  1. Klik kanan ‘ Windows Taskbar ‘ dan pilih ‘ Task Manager ‘ dari opsi
  2. Di jendela Pengelola Tugas, di bawah tab Proses, cari dan klik kanan tugas Nvidia , lalu pilih ” Akhiri tugas ” dari opsi. Lakukan langkah-langkah ini untuk semua proses Nvidia yang berjalan di Pengelola Tugas Anda. Terakhir, restart komputer Anda.
  3. Setelah reboot, ketik ” Geforce Experience ” di pencarian Windows dan klik kanan ” Geforce Experience ” untuk memilih opsi ” Run as administrator “.

Periksa apakah kode kesalahan GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s telah teratasi atau belum. Jika kesalahan masih ada, maka coba solusi berikutnya.

Solusi 2: Instal Ulang Driver & Aplikasi NVIDIA

Kesalahan Nvidia ini dapat disebabkan karena file driver yang salah atau hilang. Oleh karena itu, Anda harus menghapus semua perangkat lunak dan driver Nvidia yang diinstal di komputer Anda, kemudian menginstal versi terbaru mereka. Melakukan ini telah memperbaiki kode kesalahan Nvidia 0x0003 / 0x0003s untuk beberapa pengguna.

Sebelum memulai proses ini, Anda harus mencari dan mengunduh versi terbaru driver Nvidia dan perangkat lunak GeForce Experience yang kompatibel dengan merek dan model kartu grafis Nvidia Anda. Anda dapat dengan mudah mendapatkan driver dan perangkat lunak Nvidia asli dari situs web resmi Nvidia.

  1. Tekan tombol ‘ Win + R ‘ secara bersamaan untuk membuka kotak dialog Run dan ketik ” appwiz.cpl “, lalu klik tombol ” OK “.
  2. Di jendela Program dan Fitur, klik kanan program Nvidia yang ingin Anda hapus instalannya dan pilih opsi ‘ Hapus instalan ‘, lalu ikuti petunjuknya untuk menyelesaikan proses penghapusan instalan. Lakukan langkah ini untuk semua program Nvidia dalam daftar. Terakhir, restart komputer Anda.
  3. Setelah komputer reboot, klik kanan pada file ‘ Nvidia driver ‘ dan pilih opsi ‘ Run as administrator ‘
  4. Tunggu penginstal driver untuk memulai sendiri
  5. Tunggu penginstal untuk memeriksa komputer Anda untuk instalasi
  6. Klik tombol ‘ Setuju dan Lanjutkan ‘ untuk menerima perjanjian lisensi perangkat lunak Nvidia
  7. Pada halaman Opsi instalasi, pilih instalasi ‘ Custom ‘, lalu klik tombol ‘ Next ‘.
  8. Pada pilihan Custom installation, pastikan semua komponen sudah dipilih dan ‘ Perform a clean installation ‘ juga dipilih, lalu klik tombol ‘ Next ‘.
  9. Tunggu penginstal Nvidia untuk menginstal driver grafis di komputer Anda.
  10. Setelah penginstalan driver selesai, Anda dapat mengklik tombol ‘ Tutup ‘ untuk menutup penginstal, lalu restart komputer Anda.
  11. Sekarang, klik kanan pada file penginstal ‘ Geforce Experience ‘ dan pilih ‘ Jalankan sebagai administrator ‘ dari opsi
  12. Tunggu hingga penginstal GeForce Experience memuat sendiri.
  13. Tunggu saat penginstal GeForce Experience menyiapkan komputer Anda untuk penginstalan, lalu ikuti petunjuknya untuk menyelesaikan proses penginstalan. Terakhir, restart komputer Anda.

Setelah komputer reboot, periksa untuk melihat apakah Nvidia GeForce Error Code 0x0003 / 0x0003s telah teratasi atau belum. Jika Anda masih mengalami masalah, cobalah solusi berikutnya yang diberikan di bawah ini.

Solusi 3: Verifikasi Layanan NVIDIA

Agar aplikasi Nvidia berfungsi dengan efisien, semua layanan Nvidia harus berfungsi dengan baik. Kode kesalahan Nvidia 0x0003 / 0x0003s dapat terjadi ketika layanan Nvidia tidak berjalan dengan baik di komputer Anda. Ada beberapa layanan Nvidia yang perlu Anda verifikasi sebelum Anda dapat yakin bahwa semuanya baik-baik saja.

Layanan Nvidia Telemetry seharusnya memeriksa driver terbaru dan mengunduhnya ke komputer Anda. Namun, jika layanan ini tidak memiliki izin untuk berinteraksi dengan desktop Windows Anda, Anda mungkin menemukan kode kesalahan GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s.

  1. Ketik “ services ” di pencarian Windows, lalu klik kanan “ Services ” dari hasil pencarian dan pilih opsi ‘ Run as administrator ‘.
  2. Dalam daftar layanan, cari dan klik kanan layanan ‘ NVIDIA Telemetry Container ‘ dan pilih ‘ Properties ‘ dari opsi.
  3. Di jendela Properties, pilih tab ‘ Log On ‘, lalu pastikan di bawah ‘ Local System account ‘, opsi ‘ Izinkan layanan untuk berinteraksi dengan desktop ‘ dipilih. Terakhir, klik tombol ‘ Apply ‘ dan ‘ OK ‘ masing-masing.
  4. Kembali ke jendela Layanan, cari layanan NVIDIA lain , lalu klik kanan padanya dan pilih opsi ‘ Mulai ‘ untuk memulai layanan. Lakukan langkah ini untuk semua layanan NVIDIA yang disebutkan dalam daftar Layanan.
  5. Jika layanan NVIDIA dalam daftar Layanan sudah berjalan, maka pilih opsi ‘ Restart ‘ untuk memulai ulang layanan. Mulai ulang semua layanan NVIDIA jika sudah berjalan.

Terakhir, restart komputer Anda dan periksa apakah kode kesalahan Nvidia GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s telah diperbaiki atau belum. Jika Anda masih mengalami kesalahan ini, lanjutkan ke solusi berikutnya.

Solusi 4: Atur Ulang Adaptor Jaringan

Ada beberapa kasus di mana pengguna mengalami kode kesalahan GeForce 0x0003 / 0x0003s karena Adaptor Jaringan tidak berfungsi. Cara mudah untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mengatur ulang Adaptor Jaringan.

  1. Ketik ‘ cmd ‘ di pencarian Windows, lalu klik kanan ‘ Command Prompt ‘ di hasil pencarian dan pilih ‘ Run as administrator ‘ dari opsi.
  2. Di jendela Kontrol Akun Pengguna, klik tombol ‘ Ya ‘ untuk melanjutkan
  3. Di jendela Kontrol Akun Pengguna, klik tombol ‘ Ya ‘ untuk melanjutkan
  4. Ketika Anda melihat pesan ‘ Berhasil reset ‘, kemudian tutup jendela command prompt dan restart komputer Anda.

Setelah restart periksa apakah kesalahan Nvidia telah teratasi atau belum. Jika kode kesalahan 0x0003 / 0x0003s tetap ada, maka coba solusi berikutnya.

Solusi 5: Perbarui Windows Anda

Terkadang menjalankan pembaruan Windows di komputer Anda dapat mengatasi masalah ini. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk memperbarui Windows Anda.

  1. Klik tombol ‘ Mulai ‘ dan pilih ‘ Pengaturan ‘ dari opsi
  2. Di halaman Pengaturan, klik opsi ‘ Perbarui & Keamanan ‘
  3. Di halaman Pembaruan, di bawah Pembaruan Windows, klik tombol ‘ Periksa pembaruan ‘. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pembaruan Windows, lalu mulai ulang komputer Anda.

Setelah restart verifikasi apakah kode kesalahan Nvidia GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s telah diperbaiki atau belum. Jika kesalahan masih ada, coba solusi terakhir yang diberikan di bawah ini.

Solusi 6: Buat Akun Pengguna Baru

Ada banyak pengguna GeForce Experience yang telah melaporkan bahwa membuat akun pengguna baru di Windows dengan hak administratif telah menyelesaikan masalah mereka. Mungkin itu karena akun yang benar-benar baru memungkinkan berfungsinya GeForce Experience dengan lancar.

Sebelum membuat akun pengguna baru, Anda harus menghapus semua driver dan perangkat lunak Nvidia yang diinstal di akun Anda saat ini.

  1. Tekan tombol ‘ Win + R ‘ untuk membuka kotak dialog Run, lalu ketik ‘ appwiz.cpl ‘ dan klik tombol ‘ OK ‘.
  2. Di jendela Program dan Fitur, klik kanan program Nvidia dan pilih opsi ‘ Hapus instalan ‘, lalu ikuti petunjuk untuk menghapus instalan program itu sepenuhnya. Ikuti langkah ini untuk semua program Nvidia dalam daftar program Anda. Terakhir, restart komputer Anda.
  3. Setelah restart klik pada tombol ‘ Start ‘ dan pilih ‘ Settings ‘ dari pilihan.
  4. Di halaman Pengaturan, klik opsi ‘ Akun ‘
  5. Di bagian Akun, pilih ‘ Keluarga dan pengguna lain ‘, lalu klik tautan ‘ Tambahkan orang lain di PC ini ‘
  6. Di jendela Masuk, klik tautan ‘ Saya tidak memiliki informasi masuk orang ini ‘.
  7. Di jendela Buat akun, klik tautan ‘ Tambahkan pengguna tanpa akun Microsoft ‘.
  8. Masukkan Nama Pengguna dan Kata Sandi pilihan Anda , lalu klik tombol ‘ Berikutnya ‘
  9. Sekarang Anda dapat melihat akun baru Anda terdaftar. Terakhir, restart komputer Anda dan login dengan detail akun baru Anda.
  10. Setelah restart Anda harus menginstal ulang driver dan perangkat lunak Nvidia di akun pengguna baru Anda dengan menggunakan langkah- langkah yang dijelaskan dalam Solusi 2 .

Setelah menginstal semua driver dan software, periksa apakah kode kesalahan Nvidia GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s telah teratasi atau belum. Jika masalah telah teratasi, maka Anda dapat menjadikan akun pengguna baru ini sebagai akun utama Anda dan mulai menggunakan komputer Anda secara normal.

Penutup

Sekarang Anda tahu cara memperbaiki kode kesalahan Nvidia GeForce Experience 0x0003 / 0x0003s di komputer Windows. Jika solusi yang disebutkan di atas tidak menyelesaikan masalah Anda, maka Anda harus berkonsultasi dengan insinyur perangkat keras. Karena masalah ini tidak disebabkan karena kegagalan perangkat keras, Anda tidak perlu khawatir untuk mengganti kartu grafis Nvidia Anda karena masalah ini.